Cara Menjaga Ketahanan Baterai Smartphone Android

Diposting pada

Menjaga Ketahanan Baterai – Baterai adalah salah satu komponen yang bisa dikatakan paling vital dari sebuah perangkat smartphone. Prosesor yang canggih, ram yang besar, kapasitas penyimpanan yang luas ataupun kamera bermega-mega pixel dipastikan tidak akan berguna tanpa dukungan baterai yang mumpuni. Itulah sebabnya ketika kita akan membeli ponsel baru, maka salah satu hal yang pasti sangat kita perhatikan adalah kapasitas baterai yang dimiliki oleh ponsel yang akan kita beli tersebut, bukan ?.

menjaga ketahanan baterai

Memang, saat dipakai pertama kali sampai beberapa bulan, daya baterai pada ponsel baru pastinya akan sedikit lebih awet. Namun seiring waktu, kekuatan baterai pun perlahan akan semakin berkurang dan terasa lebih boros.

Untuk mengatasi masalah penggunaan daya baterai yang boros atau lebih tepatnya menjaga ketahanan baterai smartphone, beberapa orang kadang menyarankan untuk mematikan fitur tertentu atau menghapus aplikasi tertentu dari ponsel untuk menjaga ketahanan baterai smartphone. Namun ternyata, cara menjaga ketahanan baterai seperti ini malah membuat ponsel tidak bisa berfungsi dengan semestinya. Karena seperti yang kita ketahui, sebuah ponsel apalagi yang berjenis smartphone, pastinya akan mengandalkan fitur-fitur yang melekat pada dirinya untuk menjalankan fungsi yang smart.

Nah oleh karena itu, daripada mengikuti cara-cara yang justru akan menghambat penggunaan fitur smart pada ponsel, lebih baik kalian mencoba beberapa cara dibawah ini untuk menghemat sekaligus menjaga kekuatan baterai pada ponsel kalian.

Cara Merawat Baterai Ponsel Android

1. Cas baterai ponsel sedikit demi sedikit

Kalian mungkin tidak setuju dengan cara ini, tapi seperti apa yang dituliskan oleh phone arena, ternyata sel-sel pada baterai apalagi baterai berjenis Li-Ion, akan bekerja lebih optimal apabila kalian men-charge nya sedikit demi sedikit.

Boleh saja sebenarnya men-charge baterai ponsel sampai penuh sekali charge, namun tetap akan lebih baik jika kalian men-charge nya sedikit demi sedikit, misalnya dari 10% ke 30% atau dari 30% ke 50% dan seterusnya.

 

2. Jangan biasakan baterai dalam keadaan kosong

Menggunakan ponsel sampai level baterainya menyentuh angka 0% adalah tindakan yang sangat tidak baik. Hal ini akan menyebabkan kerusakan sel baterai yang akhirnya berujung pada kerusakan baterai itu sendiri. Dalam kondisi tertentu, hal ini juga dapat membuat baterai tidak bisa diisi lagi alias mati total.

Memang sekali dua kali, mungkin kondisi baterai akan terlihat biasa-biasa saja. namun jika kalian berulang kali membiarkan baterai ponsel kosong sampai level 0%, maka siap-siap saja dengan kondisi yang lebih buruk.

Kabar baiknya, rata-rata ponsel saat ini telah dirancang agar otomatis me-nonaktif-kan diri apabila daya baterai sudah sampai 5%. Sehingga, kondisi terburuk seperti baterai mati total bisa dihindari, namun bukan berarti dengan fitur ini kalian lengah dan memaksa baterai ponsel bekerja terus menerus. Sebaiknya, ketika penggunaan baterai telah sampai 40%, kalian segera men-charge ulang.

 

3. Hindarkan baterai dari suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin

Suhu udara ternyata bisa juga mengganggu ketahanan baterai ponsel. Misalnya apabila kalian menyimpan ponsel pada suhu di atas 60 derajat celcius selama satu tahun, maka daya yang ada pada baterai ponsel akan berkurang sampai 80%. Coba bandingkan dengan penyimpanan di suhu udara standar yakin 25 derajat celcius yang hanya akan menyebabkan baterai kehilangan daya nya sebesar 20% saja. Tentu perbedaan ini sangat tinggi bukan ?

Begitu juga apabila kalian menyimpan ponsel pada suhu yang terlalu dingin. Bahkan suhu yang terlalu dingin tidak hanya akan menguras daya baterai, tetapi juga bisa menyebabkan baterai tidak bisa diisi lagi apabila disimpan dalam jangka waktu yang terlalu lama.

Oke, itulah beberapa cara menjaga ketahanan baterai smartphone yang bisa kalian lakukan untuk merawat dan menjaga ketahanan baterai ponsel. Dengan cara-cara diatas, kalian tidak perlu lagi menghapus aplikasi atau mematikan fitur tertentu sehingga fungsi smart pada smartphone tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Baca juga Cara Menghemat Baterai Xiaomi Sampai Seharian

71 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini